Preventive Maintenance


Preventive maintenance dalam hubungannya dengan perbaikan itu sangat penting sekali.  Dimana alat yang sudah kita install atau pasang wajib kita jaga unjuk kerjanya demi memastikan keberlangsungan operasional alat tersebut.

Preventive sebagai suatu kewajiban yang mesti dilakukan dengan sangat ketat apabila kita memang ingin alat yang kita miliki memiliki waktu kerja yang lama, atau minimal sesuai standar.

Memang kalau dilihat melakukan preventive itu terkadang suatu hal  yang sepele karena memang yang dikerjakan hal hal yang kecil seperti kalau di pabrik sawit yaitu memastikan conveyor bekerja normal, tidak ada bunyi, getaran normal, dan conveyor kondisi center dengan electromotornya.

Kekencangan baut electromotor ( elmot) untuk di bagian electrik. Getaran elmot, suhu elmot, kebersihan elmot, unjuk kerja elmot.  Hal tersebut harus tertulis dan terprogram dengan baik agar putaran dalan proses pengerjaan dalam preventif tidak bertabrakan.

Memang pekerjaannya sederhana tapi bila untuk satu pabrik pks yang populasi elmot mencapai 200 lebih. Tentu harus juga dilakukan pendataan yang benar dan tepat.

Kalau diibaratka mencari istri maka preventive itu seperti sudah mendapatkan istri dan tinggal menjaganya sampai kita hidup jadi kakek nenek dan sampi meninggal menjaganya.  Mungkin ini bisa menjadi contoh yang real yang terjadi dalam kehidupan kita.

Thanks

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STEAM PKS

STASIUN NUT AND KERNEL Bag.2 , Ripple Mill, Claybath, Kernel Drier

Ripple Mill