Methane Capture

Dunia saat ini menghadapi dua bahaya besar yang sewaktu waktu bisa menghancurkan bumi tempat kita berpijak ini. Yang pertama yaitu bahaya senjata nuklir ( yang kemampuannya sekarang ini 10000 kali bom hirosima), dan yang kedua adalah pemanasan global yang salah satunya disebabkan oleh gas methan ( yang kemampuannya 21 kali carbon dioksida dalam menyumbang terjadinya pemanasan).

Pabrik kelapa sawit yang ditengarai sebagai salah satu penyumbang terbesar gas methane menjadi pemain utama yang ikut andil dalam upaya upaya mengurangi dampak gas methane yang dihasilkan baik oleh limbah padatnya yaitu cangkang, fibre. Dan juga oleh limbah cairnya.
Sehingga pabrik kelapa sawit sering dijadikan semacam tertuduh sebagai industri yang tidak ramah lingkungan.

Karena proses pelepasan methane pada kolam limbah yang terjadi secara alami melalui proses aerobik n anaerobik pada kolam limbah menyebabkan methan lepas ke udara bebas. Sedangkan air limbahnya menjadi bersih setelah proses alami tersebut.

Beruntung bahwa saat ini sudah dikembangkan teknologi penangkap methan yang kemudian dijadikan semacam biogas.  Gas methane yang dihasilkan oleh limbah dimanfaatkan sebagai bahan bakar pada mesin genset. Sehingga mengurangi penggunaan bahan bakar fossil dan juga bagi perusahaan merupakan penghematan apabila methan capture ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dan dijaga agar bisa umur pakainya lama.

Proses teknologi methane ini pada dasarnya sama saja dengan yang biasa digunakan dikampung kampung peternakan sapi. Di mana kotoran sapi dikumpulkan dan dimasukkan dalam sebuah tabung sehingga menghasilkan gas, yang pemanfaatannya untuk memasak air. Pada methane pun demikian, bisa untuk bahan bakar engine maupun untuk keperluan rumah tangga tersebut yaitu untuk kompor gas pengganti lpg.

Teknologi methane capture ini bisa me nghilangkan banyak pelepasan gas methan ke udara.  Yang pada akhirnya lingkungan kita juga akan tetap terjaga dan industri kelapa sawit pun bisa berkelanjutan, dan juga dengan adanya methane capture ini menambah lapangan pekerjaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STEAM PKS

STASIUN NUT AND KERNEL Bag.2 , Ripple Mill, Claybath, Kernel Drier

Ripple Mill