Profesionalisme dan Loyalitas

Profesionalisme dan loyalitas

Kalau kita menilik pada industri kelapa sawit dan mungkin juga terjadi di banyak terjadi di industri industri lainnya juga yaitu dilema atau mungkin pertentangan antara profesionalisme dan loyalitas.

Ketika seseorang merasa sudah berpengalaman dalam perusahaan tentu saja secara tidak disadari tentu muncul harapan untuk mendapatkan kenaikan pendapatan yang signifikan atau kenaikan golongan sesuai dengan kemampuannya yang sekarang. Akan tetapi ketika harapan itu jauh dari kenyataan tentu orang orang tersebut akan mencari tempat yang baru yang dapat menampung harapannya tersebut.

Inilah saat terjadi dilema tersebut. Ketika dia pindah ke tempat yang baru, orang akan mengatakan bahwa orang tersebut loyalitasnya rendah karena berpindah pindah perusahaan. Dan hal ini banyak kita temui di kehidupan kita. Semua kembali ke pribadi masing masing memaknai hal tersebut.

Loyalitas juga kalau dimaknai jarang ada di perusahaan. Mengapa? Dari sisi perusahaan jarang sekali orang yang lama bekerja diupgrade dan diberi penghargaan dengan promosi promosi kenaikan golongan. Hal yang terjadi sebaliknya perusahaan cenderung lebih nyaman mengambil orang dari luar perusahaan untuk memperbaiki kondisi perusahaannya dengan tawaran gaji dan golongan yang tinggi.

Banyak orang yang setia bekerja di satu perusahaan saja, bukan karena loyal tapi karena kebutuhan. Contoh : tempat kerjanya dekat dengan rumah tempat kelahirannya. Sehingga otomatis si pekerja mau tidak mau lebih memilih di perusahaan tersebut. Dan banyak hal yang lainnya.

Kalau bisa dikatakan seperti layaknya pindah perusahaan dengan dalih Profesionalisme, atau ketidakberdayaan dalam bungkus loyalitas. Kedua duanya benar karena merupakan pilihan masing masing orang. Tapi sebenarnya hal itu merupakan pengkaburan dari maksud yang sebenarnya.

Lebih jauh pertanyaannya, bagaimana agar seseorang betah atau nyaman bekerja di satu perusahaan atau satu grup perusahaan. Tentu ini menjadi pertanyaan kita semua dan juga menjadi PR bagi banyak perusahaan.

Selamat berpikir .... Heheee

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STEAM PKS

STASIUN NUT AND KERNEL Bag.2 , Ripple Mill, Claybath, Kernel Drier

Ripple Mill