Go to Tania Selatan

Sering saya pulang mudik melewati lintas timur, berhenti di rumah makan pagi sore kemudian melanjutkan perjalanan ke lampung melewati daerah yang banyak rawa rawa disekelilingnya. Melewati simpang dengan 2 buah patung naga di kedua sisinya, saya mengenalnya sekarang dengan simpanh naga. Kalau orang orang mengatakan simpang portal.

Dari portal menuju ke pabrik sekitar 7 km lurus saja. Sebelah kiri pabrik sebelah kanan perumahan. Mungkin ini pabrik yang gampang dicari karena jalannya lurus saja. Mungkin ini termasuk pabrik yang sudah tua karena berdiri tahun 1993 milik group Tania, kemudian diambil alih wilmar tahun 2001 - 2002.

Beberapa manager yang pernah memegang pabrik ini yang pernah saya dengar yaitu Bp. Amrinsyah (alm), Bp. Syahid, Bp Adi, Bp. Hendra. Sedangakan saat saya masuk managernya yaitu Bp. Heru Yuswandono, diganti oleh Bp.Bambang Kuspardono.

Pabrik Tania Selatan termasuk pabrik yang sudah settle karena mill troughput sudah mencapai kapasitas terpasang yaitu 60 ton/jam. Salah satu kekuatan dari pencapaian itu dikarenakan SDM yang sudah memahami, sadar, dan peduli akan keberadaan pabrik itu sebagai mata pencaharian mereka.

Housekeeping yang selalu dilakukan oleh karyawan proses, preventif yang secara rutin dijalankan dengan baik, pengawasan lingkungan, kesehatan, dan keselamatan oleh EHS, pengaturan strategi berjalannya pabrik oleh asmill, administrasi yang tertib oleh KTU, dan kontrol budgeting dan perencanaan perencanaan oleh Mill Manager. Tentu merupakan suatu mata rantai kootdinasi yang tidak berjalan sendiri-sendiri sehingga kondisi pabrik masih bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan performancenya.

Satu hal yang perlu dipahami bahwa safety itu yang pertama dan utama. Setiap pagi selalu ada breafing pagi yang isinya tidak lebih kurang mengenai safety Yaitu : bekerja diketinggian, bekerja di area terbatas (confined space ), bekerja diarea panas ( menggunakan las), dan bekerja panel panel listrik ( area bertegangan ). Selain itu ketatnya audit juga membantu performance perusahaan baik itu audit proses, Admin dan listrik yang setiap tahun dilakukan tentu membuat semua team terus bergerak untuk melakukan improvement. Mungkin ini seperti yang dikatakan anthony Robbin yaitu continuos and neverending improvement (CANI).

Sebagai karyawan tentu harus mengikuti perkembangan teknologi perkelapasawitan yang diterapkan perusahaan. Beberapa bulan ini diterapkan yaitu e grading ( pengecekan grading secara online ), dan untuk 2018 rencananya akan diadakan yaitu unmanned weighing ( menimbang tanpa orang ).  Mudah mudahan tidak mengurangi karyawan dengan penerapan teknologi ini.

Untuk staff team yaitu Amir Hamzah, Komarudin, aswadi, nahyan, usmanul khoir, handoko, hariyadi, onggelah , rahmansyah , erwinsyah , nusi, nurhandani, jasmadi teamwork 2016 2017.

Mudah mudahan perusahaan ini tetap jaya seperti yel yel nya safety safe safe safe, Pom BT bisa .....

Oleh : Siswadi K,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STEAM PKS

STASIUN NUT AND KERNEL Bag.2 , Ripple Mill, Claybath, Kernel Drier

Ripple Mill