PENDEKATAN TEKNOLOGI

Kalau kita lihat apa yang kita capai sekarang ini tidak lepas dari apa yang dilakukan oleh orang 20 atau 100 tahun lalu. Kita ambil contoh orang indonesia mungkin dulu juga berpikir untuk bisa terbang, atau bisa ke suatu tempat dari tempat lain dengan cepat. Begitupun orang orang di belahan dunia yang lain.

Setiap orang dari negara negara tersebut  berusaha melakukan pendekatan pendekatan yang berbeda terhadap apa yang dipikirkannya. Sebagian orang ada yang pergi ke pegunungan dan bertapa untuk bisa terbang dan bergerak dari suatu tempat dengan cepat. Sedang yang lain mendekatinya dengan melakukan penelitian, menggambar, merancang dan lain sebagainya yang nanti disebut teknologi.

Rupanya pendekatan teknologi ini lebih berhasil karena baik benda maupun cara pembuatannya bisa dilakukan oleh siapapun. Dan nyatanya dunia saat ini lebih bergantung pada hal ini yaitu teknologi.  Kemajuan teknologi dari tahun ke tahun bisa menjadi berkah. Berkah karena hal yang tidak mungkin sebelumnya bisa menjadi mungkin dengan adanya teknologi.

Teknologi juga bisa menjadi musibah karena terjadi exploitasi besar besaran yang diakibatkan penggunaan teknologi yang melampaui batas. Begitu juga dengan penggunaan teknologi yang sifatnya menggantikan peran manusia mengakibatkan terjadi industri yang tidak padat karya. Jumlah orang yang seharusnya mengoperasikan alat alat berubah menjadi alat mengoperasikan alat.

Bila ini terus terjadi maka program mengurangi pengangguran bisa tidak tercapai. Walaupun dari sisi produktifitas kerja mungkin bisa jadi meningkat. Ini menjadi tugas kita semua untuk menyelesaikannya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

STEAM PKS

STASIUN NUT AND KERNEL Bag.2 , Ripple Mill, Claybath, Kernel Drier

Ripple Mill