Vibrating Screen di St Clarifikasi
Tipe vibrating yg umum ada dua tipe yang pernah kami pakai yaitu yg 48" dan 60". Untuk mesh nya ada yang 20, ada 30, ada 40. Ini istilah istilah pada vibrating screen.
48" dan 60" itu merupakan diameter dari mesh vibrating tersebut sedangkan mesh merupan istilah dari kerapatan saringan vibrating tersebut. Ada yang bilang mesh 20 itu dalam 1" jumlah lubahnya 20 bh. Kalau mesh 30 berarti 30 buah. Kalau ngak percaya hitung sendiri. Tapi yang pasti mesh 30 lebih rapat dari mesh 20 dan mesh 40 lebih rapat dari mesh 30.
Jadi susunannya bila double deck ( dua tingkat) maka yang rapat ditaruh dibawah dan yang longgar ditaruh di atas. Contoh mesh 20 dan 30. Maka mesh 20 ditaru di atas dan mesh 30 ditaruh dibawah. Jadi fibre yang masih terikut di oil gutter akan tersaring di bagian atas, dan minyak dan fibre halus akan lewat. Selanjutnya di deck kedua akan disaring lagi sehingga minyak akan turun ke COT (crude oil tank) sedangkan fibre kasar dan halus akan ke wasted Conveyor dan akan menjadi umpan lagi ke stasiun press.
Hal yang penting dalam mengoperasikan vibrating ini adalah bagaimana minyak dan fibre ini bisa terpisah sempurna sehingga fibre tidak terikut sampai ke cst dan lain lain karena bisa merusak mechanical seal dan membuat impeller pompa aus. Dan terkadang sumbat di Valve.
Selanjutnya melihat bentuk buangan di atas mesh bagian atas, biasanya yang bagus berbentuk S kembangannya. Jadi yang masuk berputar dahulu baru ke Corong buangan. Di ujung buanga biasanya di kasih rubber atau corongan karet untuk pengarah ke Conveyor. Jadi bila kembangan atau model buangan tidak berbentuk S maka perlu setting lagi sudut bandulan sampai dicapai bentuk yang maksimal dan hasil yang baik.
Kerusakan yang sering terjadi di area vibrating screen yaitu screen bocor atau jebol. Ring patah atau baut ring patah. Balance putus dan per penyangga lepas. Elmot trip trip. Dan lain lain.
Hal hal ini bisa diantisipasi dengan rutin melakukan pengecekan ring pinggang vibrating screen, dan melakukan Grease atas bawah pada elmot untuk menghindari bearing elmot aus. Dan untuk mesh jebol ini bisanya karena ada beban berat di bagian tertentu maka harus rutin dilakukan pembersihan mesh vibrating. Ini bisa dilakukan menggunakan batu bata untuk menggosok mesh sehingga selalu bersih dan tidak menumpuk.
Komentar
Posting Komentar